Keliling Indonesia

About

Text Widget

Blogger news

Blogroll

Widgetized Footer

Blogger templates

Widgetized Footer

Widgetized Footer

Blogger Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Wisata Di Cirebon Keraton Kesepuhan



Wisata Di Cirebon, Keraton  Kesepuhan merupakan salah satu keraton termegah dan paling dirawat ke asriannya di Cirebon, terdapat makna dari setiap sudut arsitektur hingga menjadikan keraton kesepuhan sangat terkenal akan sejarahnya. Pada bagian depan keraton kesepuhan dikelilingi oleh tembok bata berwarna merah dan terdapat beberapa pendopo didalamnya.

Keraton Kesepuhan juga adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta dan di keraton kesepuhan ini tempat pusatnya pemerintahan kesultanan cirebon berdiri.

Keraton Kesepuhan memiliki museum yang cukup lengkap yang berisi seperti benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yang cukup populer yaitu kereta singa barong yang merupakan kereta kencana sunan gunung jati. Kereta singa barong saat ini tidak lagi digunakan tetapi hanya dikeluarkan setiap 1 syawal untuk dimandikan.




Sejarah

Keraton Kesepuhan mulanya didirikan pada tahun 1452 yakni oleh pangeran Cakrabuana. Keraton kesepuhan dulunya bernama Keraton Pakungwati, sebutan pakung wati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati yang menikah dengan sunan gunung jati. Ratu dewi pakung wati wafat pada tahun 1549 dalam masjid agung Sang Cipta Rasa pada usia yang sudah cukup tua. Nama ratu dewi pakungwati diabadikan dan dimuliakan oleh sunan gunung jati sebagai nama keraton yakni keraton pakungwati yang sekarang lebih populer dengan sebutan keraton kesepuhan.


Berikut detail arsitektur di Keraton kesepuhan

1) Halaman pertama 

Halaman pertama merupakan komplek siti inggil, disini terdapat beberapa bangunan antara lain Mande Pandawa Lima yang berfungsi sebagai tempat duduk pengawal raja, Mande Malang Semirang yang berfungsi tempat duduk raja saat menyaksikan acara dialun-alun, Mande Semar Timandu merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat duduk penghulu dan masih banyak lagi.

2) Halaman kedua

Halaman kedua ini terbagi manjadi dua halaman yakni halaman Halaman pengada dan Halaman kompleks langgar agung. Halaman pengada berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan atau tempat menematkan kuda, dan Halaman kompleks langgar agung merupakan sebuah deretan kompleks-kompleks.

3) Halaman ketiga

Pada halaman ketiga terdapat banyak bangunan sebagai berikut.
- Museum benda kuno merupakan tempat menyimpan benda-benda kuno Kesepuhan
- Museum kereta merupakan tempat menyimpan kereta-kereta dan benda lainnya.
- Tunggu manunggal bangunan ini berupa batu pendek yang memiliki tinggi 50cm dan                    dikelilingi oleh 8 buah pot bunga yang melambangkan allah yang maha satu.
- Lanjuk merupakan bangunan yang berfungsi melayani tamu dalam mencatat dan melaporkan    urusannya kepada raja
- Sri manganti merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai ruangan tempat                    menunggu sang raja 
- Bangunan induk keraton merupakan merupakan tempat seluruh aktivitas sultan

Jika anda berkunjung ke Cirebon tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Keraton Kesepuhan yang beralamatkan di jalan kesepuhan no 43, kampung mandalang, kelurahan kesepuhan, kecamatan lemah wungkuk, Cirebon Jawa Barat
Share on Google Plus

About beta ridlatul hanif

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com