Keliling Indonesia

About

Text Widget

Blogger news

Blogroll

Widgetized Footer

Blogger templates

Widgetized Footer

Widgetized Footer

Blogger Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Tempat Wisata Gua Pindul


Salam holiday...

Kali ini penulis akan berbagi mengenai tempat liburan wisata gua pindul yang namanya sudah sangat terkenal baik di daerah Yogyakarta maupun di luar daerah Yogyakarta, oke langsung saja simak serba serbi mengenai tempat liburan wisata gua pindul ceki dot...

Gua pindul merupakan sebuah objek wisata berupa gua yang berada di Desa Beji harjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul terkenal karena cara menyusuri gua dilakukan dengan cara menaiki ban pelampung di atas aliran sungai di dalam gua, kegiatan seperti ini biasa di kenal dengan sebutan cave tubing. Panjang gua pindul kurang lebih 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak dari permukaan air sampai ke atas gua sekitar 4 meter.
Desa Bejiharjo terletak di kawasan perbukitan karst oleh karena itu daerahnya sangat di dominasi oleh bebatuan. Gua pindul dapat di capai dari Yogyakarta bisa menggunakan motor ataupun mobil melewati daerah Wonosari, setelah memasuki Desa Bejiharjo, perjalanan dapat di lanjutkan dengan mengikuti pentunjuk yang ada di pinggir jalan sampai ke lokasi sekretaiat gua pindul. Penelusuran di dalam gua pindul terdapat terdapat bebatuan stalaktit yang menggantung di langit-langit gua, bahkan ada stalaktit yang tumbuh sudah mencapai permukaan sungai yang bentuknya seperti pilar, terdapat beberapa batuan karst masih hidup dan masih meneteskan air.
Gau pindul di bagi dalam beberapa zona yakni, zona terang, zona remang dan zona gelap. Asal usul penamaan gua pindul yang di percaya oleh masyarakat sekita dari turun-temurun yakni berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung, yang menelusuri hutan yang lebat, menyusuri sungai hingga menjelajahi gua untuk mencari ayahnya, saat sedang berada di dalam gua kepala Joko Singlulung terbentur batu, gua tersebut di namakan gua pindul yang berasal dari kata dalam bahasa jawa pindul yakni pipi gebendul yang artinya pipi terbentur.
 
Share on Google Plus

About beta ridlatul hanif

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com